Tentang transisienergi.id

TransisiEnergi.id merupakan sebuah platform pusat data, informasi, pengetahuan dan jejaring ahli dalam isu energi. Kemudahan akses publik yang disediakan platform ini akan diharapkan dapat mendorong kolaborasi inklusif dalam proses tranformasi sistem energi di Indonesia menuju sistem energi yang lebih rendah karbon berbasis energi terbarukan dan efisiensi energi.

Saat ini, ketersediaan data, informasi, dan pengetahuan terkait transisi energi di Indonesia sudah cukup tersedia dan mulai dengan secara intensif disuplai oleh berbagai pihak. Namun demikian, keberadaannya masih tersebar di masing-masing pihak, belum terkurasi dan terkelola dengan baik. Sehingga data, informasi dan pengetahuan yang berhubungan dengan topik transisi energi dirasa masih cukup sulit dan memakan waktu untuk ditemukan baik secara daring maupun luring. Atas dasar itulah, Institute for Essential Services Reform (IESR) berinisiatif mengembangkan TransisiEnergi.id ini untuk meng-kurasi dan menghubungkan data, informasi, dan pengetahuan transisi energi kepada berbagai pihak yang membutuhkan dalam sebuah platform daring yang kolaboratif.

 

Transisi Energi 101

Transisi energi global pertama dapat dikatakan ditandai dengan penemuan mesin uap oleh Thomas Newcomen dan James Watt di akhir abad ke-18. Di era tersebut, terjadi perubahan dalam jumlah dan pola penggunaan energi yang pada awalnya didominasi oleh biomassa (kayu bakar) menjadi batu bara sebagai sumber energi utama. Gelombang berikutnya terjadi pada pertengahan abad ke-20 dengan pengenalan minyak dan nuklir pada tahun 1950-an. Dari tahun 1950-an hingga saat ini, pasokan dari energi terbarukan mulai mengambil alih dominasi energi fosil. Sehingga bisa dikatakan bahwa saat ini kita sedang berada digelombang transisi energi keempat yang kembali kepada pemanfaatan energi terbarukan

Kolaborator

Pengembangan Transisienergi.id oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) didasarkan pada semangat kolaboratif, baik dalam mengembangkan platform maupun dalam mendorong kerjasama berbagai pihak dalam menyongsong transisi energi. Transisienergi.id mengajak seluruh rekanan lembaga swadaya masyarakat dalam bidang energi dan iklim bersatu menggaungkan dan menggalakkan transisi energi. Hal ini dicapai melalui pertukaran informasi, narasi, dan kegiatan dalam platform ini.

Pertanyaan Umum

Apakah saya bisa menjadi kolaborator?
Apakah platform ini gratis?
Bagaimana cara mendaftarkan kegiatan saya?
Bagaimana cara mendaftarkan diri saya dalam jaringan ahli?
Apakah saya dapat mengutip data yang tersedia di transisienergi.id?
Apakah saya dapat meminta data mentah atau raw data ?
Apakah saya dapat meminta penambahan data dalam bidang lain?